IBX585154878C21F

Sunday, December 18, 2016

Sejarah Game Online Pertama di Indonesia

Game Online Indonesia RF
Game Online RF

Sejarah Game Online Indonesia - Game online saat ini sudah sangat akrab di telinga kita, bahkan game online sekarang bukan hanya mengenai komputer / pc saja karena game online sekarang sudah mewabah ke gadget yang lebih kecil seperti smartphone. Seperti apa sih sejarahnya game online di Indonesia dan apa saja game online pertama di Indonesia ? 

Simak ulasan lanchip.net dibawah ini mengenai sejarah perkembangan game online yang ada di Indonesia seperti yang kami kutip dari salah satu hot thread forum terbesar di Indonesia yakni kaskus.

1. Game Online Populer Pertama di Indonesia Nexia Online

Bisa dibilang Nexia adalah game online yang pertama kali hadir di Indonesia. Game ini dirilis oleh BolehGame di bulan Maret tahun 2001 dan sekaligus jadi pencetus dari kehadiran game-game online yang lainnya. Walau game ini termasuk game yang sederhana, Nexia berhasil punya komunitas sendiri Tapi sayang, game ini gak bisa bertahan lama. Nexia ditutup setelah 4 tahun rilis di Indonesia. Salah satu kenangan manis dari Nexia game ini adalah saat itu gamers Indonesia baru mulai mengenal system ID dan password. Dan lagi, saat itu gamer masih didominasi kaum adam aja.

2. RF Online

Beberapa orang bilang pada era RF ini adalah era revolusi game di Indonesia, karena saat itu banyak game-game online baru yang bemunculan dalam waktu yang hampir bersamaan. Karena game ini jugalah para gamer dipaksa buat nge-upgrade computer mereka, soalnya game-game waktu itu udah pake grafsi tiga dimensi. Game Lyto yang mendominasi pada zaman itu adalah RF dan Seal, yang udah pake grafis 3D.

Gamer yang tadinya cuma maen buat seneng-seneng, mulai ngalamin perubahan, mereka udah mulai serius dalam bermain game. Bukan cuma buat nyari temen, tapi juga nyari kekuasaan dan kemenangan.


3. Ayo Dance


Disini, para cewek udah mulai maen game online di era Ragnarok. Tapi, kehadiran gamer cewek di game online ini Cuma terjadi di AyoDance. Di game ini, mereka gak cuma coba ikut main, tapi juga aktif dan adiktif sama game ini, sampe ada yang rela ngabisin waktu dan uang yang gak sedikit.

Dan kayaknya AyoDance ini berhasil ngerubah trend game online dari sebuah permainan sampe jadi wadah buat cari ketenaran. Dalam game ini semua orang pengen eksis. Mereka rela ngapain aja demi dapetin sebuah popularitas, seperti memperbanyak koleksi avatar maupun ngadu level siapa yang tertinggi.

4. Point Blank


Bisa jadi Point Blank adalah fenomena unik di dunia game online di Indonesia. Game ini mampu dapetin angka jutaan buat pemainnya, dan jumlah penggemar di fanpagenya yang mencapai jutaan orang. Game ini menyentuh semua kalangan, mulai dari kelas atas, menengah hingga bawah. Bahkan ada artis yang ikut main Point Blank juga.

5. Clash Of Clans

Kalau yang ini adalah game online populer di Handphone yang sangat booming di Indonesia.
Clash Of Clans adalah game strategi yang dikembangkan oleh Supercell, sebuah perusahaan video game asal Finlandia.

No comments:

Post a Comment