IBX585154878C21F

Tuesday, April 4, 2017

KeindahanTelaga Biru di CandirejoSukoharjo, Jawa Tengah

Cari Hotel Sukoharjo Reservasi

Menempati posisi geografis yang strategis di wilayah Solo Raya, Kota Sukoharjo, Jawa Tengah memiliki prospek cerah dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah di masa mendatang. Pariwisata merupakan salah satu sektor yang diandalkan dan berpotensi untuk memacu pertumbuhan ekonomi regional dan pendapatan daerah. Oleh karena itu, potensi wisata yang dimiliki Sukoharjo bisa menjadi salah satu penggerak perekonomian daerah. Secara langsung keberadaan objek wisata tersebut bukan saja bisa menggenjot pendapatan asli daerah, namun juga bisa memicu kegiatan bisnis di tingkat masyarakat. 

Kota Sukoharjo Jawa Tengah sendiri sangat identik dengan obyek wisatanya, salah satunya adalah keindahan alam yang menjadikan ciri khas kota tersebut. Bahkan saking indahnya, wisata di Sukoharjo Jawa Tengah mampu menarik para selebritis untuk menggunjungi keindahan wisata Sukoharjo Jawa Tengah yang sudah terekspose di dalam dan luar negeri. Salah satu alasannya adalah, suasana alam Kota Sukoharjo Jawa Tengah bisa di bilang masih belum banyak di eksplorasi, sehingga masih banyak kekayaan alam yang masih tersembunyi.

Salah satu objek wisata yang terkenal akan keindahannya adalah destinasi wisata Telaga Biru di Candirejo. Telaga Biru terletak diujung utara perbatasan Kabupaten Gunungkidul dengan Jawa Tengah,  sekitar 25 km dari pusat kota Wonosari, tepatnya di Dusun Ngentak, Candirejo, Semin, Gunungkidul.  Telaga Biru Semin merupakan danau buatan atau kolam raksasa yang terbentuk akibat aktivitas pertambangan batu putih di kawasan perbukitan Candirejo, Semin Gunungkidul. Penggalian batu putih hingga mencapai dasar tanah menyebabkan benturan dengan lapisan air tanah. Air tanah tersebut muncul ke permukaan dan memenuhi cekungan batu yang telah ditambang, akibatnya terbentuk beberapa kolam berisi air yang cukup dalam. Selama kurun waktu tertentu dasar kolam ditumbuhi lumut dan ganggang sehingga menimbulkan warna biru kehijau-hijauan bila dilihat dari atas atau puncak bukit. Kasus terbentuknya danau kecil dari aktivitas tambang ini sebenarnya merupakan kerusakan lingkungan yang sering ditemukan di daerah pertambangan seperti Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara, Papua, dan sebagainya.

Bagi anda yang sedang berwisata ke Yogyakarta, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Sukoharjo untuk menuju lokasi Telaga Biru. Untuk menuju objek wisata ini, anda cukup melakukan perjalanan sekitar kurang lebih 2 jam perjalanan melaui jalur Jogja-Klaten. Sebagai obyek wisata air, disini anda bisa merasakan sensasi mandi di telaga batu kapur ini dengan menyewa balon atau pelampung dengan membayar sewa sebesar Rp 10.000.

Lokasi Telaga Biru sendiri berada di perbatasan antara kabupaten Gunungkidul dengan kabupaten Sukoharjo, tepatnya di daerah Semin. Jika anda berada di Yogyakarta, ada dua cara menuju wisata telaga ini.  Rute ke Telaga Biru;

Dari Yogyakarta: 
Jalan Solo - arah prambanan Klaten - ambil jalur ke cawas - ada pertigaan ambil kiri - arah Sukoharjo - setelah tugu perbatasan Gunungkidul dan Sukoharjo Anda akan menemui jalan aspal yang terhubung dengan jalan cor beton - arahkan pandangan Anda ke kanan dan sudah nampak bukit tambangnya.

Dari Wonosari:
Wonosari - Karangmojo - Semin - Pasar Semin - Pom Bensin - Pertigaan ke kanan arah sukoharjo - sampai menemukan tugu perbatasan antara DIY dan Jawa Tengah - lurus lagi sampai menemukan gapura kampung Namengan - masuk jalan cor beton - pertigaan ambil kiri - arahkan pandangan ke kanan sudah terlihat bukit tambangnya. Perkiraan jarak Jogja – Wonosari sejauh 60 km dan Wonosari – Semin (Telaga Biru) sekitar 25 km. 

Dan jika anda sedang berada dari daerah Sukoharjo, untuk menuju telaga ini anda dapat melalui kecamatan Weru menuju Semin, letak telaga ini berdekatan dengan Situs Candi Risan dan Jurug Bangunsari sehingga dapat dijadikan satu paket wisata.

Gerbang masuk Telaga Biru Semin dan tambang batu putih ini melewati wilayah kabupaten Sukoharjo. Posisi jalan masuk menuju tambang ini berada setelah gapura batas wilayah Gunungkidul dari arah Semin. Akses menuju ke telaga ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. 

Destinasi Wisata Telaga Biru di Candirejo Sukoharjo Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi, sebuah potret keindahan pesona alam Indonesia tidak ada duanya. Di samping itu, penduduk lokal di daerah Candirejo juga terkenal sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. 

Untuk berwisata ke sini, terlebih dahulu anda bisa cari hotel murah di Sukoharjo. Untuk mempermudah pemesanan, anda bisa cari dan pesan hotel online di Reservasi.com dan temukan banyak hotel yang tersedia di Sukoharjo. Segera kunjungi  reservasi.com untuk mencari referensi harga hotel yang sesuai dengan budget anda. 
Selamat berwisata ke Sukoharjo. 

No comments:

Post a Comment