IBX585154878C21F

Saturday, June 3, 2017

Plus Minus Beli Rumah dan Tanah Sebelum Menikah

Beli Rumah Dan Tanah Sebelum Menikah

Setiap orang tentunya ingin segera memiliki rumah. baik mereka yang sudah menikah, maupun yang belum. Memang, pada dasarnya, memiliki properti akan lebih baik jika dimiliki pada usia semuda mungkin. Namun pilihan tersebut, biasanya terkendali oleh alasan ekonomi.

Banyak pula masyarakat yang bingung menentukan apakah akan membeli rumah atau tanah terlebih dahulu. Pertanyaan tersebut, biasanya ditanyakan oleh mereka yang belum berkeluarga. Karena mereka yang sudah berkeluarga, biasanya akan berusaha untuk membeli rumah untuk keluarganya, bukan tanah.

Rumah dan tanah tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dan kedua hal tersebut tidak bisa disamakan. Tapi, ketika kita berbicara mengenai properti, yang dibicarakan adalah komitmen jangka panjang, mulai dari urusan pembayaran, hingga urusan pemeliharaan.

Biasanya, penentu utamanya adalah kondisi finansial. Apakah calon pembeli memiliki dana yang cukup untuk membeli rumah, atau hanya cukup membeli tanah saja. Hal ini harus dipikirkan betul sebelum membeli properti.

Membeli tanah dapat menjadi pilihan yang baik untuk memulai memiliki properti. Nantinya pun, suami dan juga istri dapat memberikan masukan mengenai desai rumah yang ingin dibangun. Hanya saja, Anda akan membutuhkan dana tambahan untuk membangun rumah lagi.

Sementara, membeli rumah sendiri merupakan pilihan yang tepat karena dapat dijadikan tempat tinggal bersama istri nantinya. Pilihannya bisa membeli rumah ukuran kecil atau rumah minimalis; dengan cara over kredit rumah murah, atau dengan cara kredit rumah baru. Walau begitu, harga membeli rumah sendiri tidaklah terjangkau terutama bagi mereka yang hanya mampu membeli tanah.

Walau begitu, baik itu membeli rumah maupun membeli tanah, keduanya dinilai merupakan sebuah langkah yang sangat baik terutama sebagai langkah memulai untuk berinvestasi. Dari sudut pandang investasi, membeli rumah atau tanah akan menjadi investasi yang sangat menguntungkan dibandingkan dengan investasi di bidang lainnya.

Misalnya saja reksadana campuran yang kenaikan nilai investasinya adalah 15 persen per tiga tahunnya. Sementara industri properti seperti rumah atau tanah, kenaikan nilainya rata-rata mencapai sebesar 15 persen hingga 30 persen di setiap tahunnya. Apalagi jika dibandingkan dengan investasi lainnya seperti investasi deposito, emas, reksadana saham, dan lainnya. 

No comments:

Post a Comment