IBX585154878C21F

Saturday, June 17, 2017

Tips Menjauhkah Anggota Keluarga Anda dari Bahaya di Kolam Renang

Jasa Membuat Kolam Renang

Di seluruh penjuru dunia yang terdampak iklim global, rasanya Indonesia adalah salah satu yang terparah. Berada di tengah-tengah garis ekuator membuat suhu di Indonesia jauh lebih tinggi daripada suhu-suhu di negara lainnya, dan tampaknya hal inilah yang membuat banyak keluarga Indonesia menginginkan sebuah kolam renang di pekarangan rumah sebagai salah satu alternatif penyejuk di tengah cuaca yang panas ini, atau mungkin hanya untuk sekadar sarana bersantai bersama keluarga.

Namun seperti halnya area basah lainnya di sebuah rumah, kolam renang tentu sangat beresiko untuk mencederai anggota keluarga terutama anak-anak Anda. Jangan sampai aktivitas menyenangkan seperti berenang di kolam renang sendiri membawa petaka. Untuk itu, Anda tentu ingin memberikan perlindungan maksimal untuk keluarga Anda selagi mereka bersenang-senang di kolam renang. Berikut ada beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memastikan keamanan dan keselamatan keluarga Anda di kolam renang.

1. Pasang pagar di sekitar kolam renang
Untuk mencegah buah hati Anda masuk ke dalam renang seorang diri, Anda disarankan untuk memasang pagar di sekeliling kolam renang dengan tinggi minimal 130 cm, dengan karakteristik tidak dapat dipanjat. Jika Anda memasang jenis pagar apa saja, hal ini dikhawatirkan tidak akan memberikan proteksi penuh dalam mencegah anak-anak masuk ke kolam renang karena mereka tetap dapat masuk ke kolam dengan memanjat.

2. Jauhkan segala peralatan elektronik dari area kolam renang
Selain rawan membuat Anda dan keluarga terpeleset, area-area berair juga dapat membuat Anda beresiko tersengat aliran listrik, begitu juga di area kolam renang. Air terkenal sebagai konduktor listrik yang baik, dan jika Anda tidak berhati-hati meletakkan peralatan listrik di sekitar kolam renang, hal ini akan sangat berakibat fatal dari hanya sekedar kecelakaan minor karena terpeleset. Susun sedemikian rupa peralatan kelistrikan di kolam renang seperti penataan lampu dan lain-lain, tepatkan secara rapih rangkaian kabel-kabel listrik di sekitar kolam renang, periksa secara berkala, apabila ada kerusakan seperti kulit kabel yang terkelupas, segera perbaiki. 

3. Harus ada orang dewasa yang mendampingi anak-anak ketika bermain di kolam renang. 
Ketika bayi dan balita ada di kolam renang, harus ada setidaknya satu orang dewasa yang ikut masuk ke dalam air untuk memegangi semata-mata untuk memastikan keamanan mereka. Namun jika yang ada di dalam kolam renang adalah anak-anak yang sudah sedikit lebih besar, tugas orang dewasa di sini adalah cukup dengan memperhatikan apa yang mereka lakukan dari sisi tepi kolam renang. Jangan sampai orang dewasa yang bertugas mengawasi ini teralih perhatiannya karena panggilan telepon atau hal-hal lainnya. Anak-anak sebaiknya tidak pernah dibiarkan untuk berenang sendiri tanpa pengawasan orang dewasa, terlepas dari level kemampuan berenang mereka.


4. Pasang alarm pada setiap pintu dan pagar menuju ke dan di sekitar kolam renang.
Hal ini dirasa perlu dilakukan sebagai tidakan preventif apabila anak-anak tetap berusaha untuk masuk ke dalam area kolam renang tanpa pengawasan dari orang dewasa.  Hal ini juga bermanfaat untuk memberi peringatan kepada si pemilik rumah apabila ada orang-orang yang tidak dikenal memasuki area kolam renang, atau jika ada orang jahat yang mencoba memasuki rumah Anda melalui area kolam renang.

5. Perketat aturan-aturan di kolam renang
Berlakukan beberapa aturan ketat yang harus diataati oleh setiap anggota keluarga Anda ketika bermain di kolam renang. Aturan-aturan ini dapat berupa larangan berenang di area dalam, larangan untuk berada di dekat hydrant, atau larangan berlari-lari di sekitar kolam renang. Pastikan aturan-aturan ini benar-benar ditaati dalam pengaplikasiannya untuk dapat membuat orang-orang terkasih Anda memiliki momen yang menyenangkan dan bebas dari resiko kecelakaan di kolam renang. 

Nah, itulah beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keamanan dan keselamatan keluarga Anda di area kolam renang. Selalu rencanakan dengan matang konstruksi dan desain kolam renang Anda, untuk dapat memastikan desain kolam renang yang Anda pilih telah memenuhi standar keselamatan, serahkan pembangunan kolam renang keluarga Anda kepada penyedia jasa pembuatan kolam renang berkualitas. 

No comments:

Post a Comment