IBX585154878C21F

Sunday, July 23, 2017

Resep Rawon Daging Sapi Kesukaan Keluarga

Resep Rawon Daging Sapi Kesukaan Keluarga

Siapa yang tidak tahu makanan berkuah satu ini yaitu resep rawon daging sapi. Makanan yang memiiki banyak peminat dan disukai masyarakat ini bisa ditemukan di warung – warung makan. Namun, kali ini tidak usah membelinya di luar rumah. Karena Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Rawon sendiri adalah makanan yang khas, salah satu bumbu yang tidak boleh terlewat saat memasak rawon adalah kluwak. Kluwak atau dalam bahasa Indonesia dinamakan dengan kepayang ini merupakan buah dari tumbuhan yang tumbuh setengah liar dan mudah untuk didapatkan, misalnya di pasar. Untuk Anda yang ingin memasak rawon, berikut resep rawon daging sapi yang bisa Anda coba :

Saran Penyajian
Rawon ini disiapkan untuk porsi 6 orang dengan waktu persiapan 30 menit dan waktu memasak 60 menit.

Bahan – Bahan resep rawon daging sapi
Berikut daftar bahan untuk memasak rawon, diantaranya adalah : daging sapi sanding lamur sebanyak 500 gram, air sebanyak 3 liter, 1 dengkul sapi yang dibelah, daun jeruk 3 lembar, lengkus 1 ibu jari dimemarkan, serai 1 batang dimemarkan, minyak goreng 5 sendok untuk menumis, Royco serbaguna rasa sapi 3 bungkus, dan daun bawang 2 tangkai dipotong dengan ukuran 1 cm. 

Sedangkan untuk bumbu halusnya sebagai berikut : kluwak 2 buah, bawang merah 7 butir, bawang putih 3 butir, kunyit 2 cm, jahe 2 cm, ketumbar 1 sendok teh disangrai, lada setengah sendok teh, garam 2 sendok teh, gula 2 sendok teh, semua bumbu tersebut dihaluskan lalu sisihkan. 

Cara memasak
Saatnya masuk ke tahap memasak. 

Pertama, siapkan panci dan masukkan air kemudian rebus hingga mendidih. 

Kedua, masukkan daging dan dengkul sapi lalu rebus hingga setengah lunak. Setelah itu, angkat dan potong daging sesuai selera Anda dan sisihkan. 

Ketiga, masukkan royco ke dalam air rebusan daging hingga berubah menjadi kaldu. 

Keempat, Panaskan minyak di wajan, tumis semua bumbu halus, lengkuas, daun jeruk, dan juga serai hingga matang dan muncul harum.     

Kelima, masukkan dan campurkan daging yang sudah dipotong tadi ke dalam tumisan, lalu aduk hingga merata dan masaklah hingga bumbunya meresap. 

Keenam, masukkan tumisan daging ke dalam kuah kaldu yang telah dibuat. Kemudian masak hingga dagingnya empuk menggunakan api yang kecil. 

Terakhir, angkat dan sajikan ketika masih hangat. Anda bisa melengkapinya dengan toge, jeruk nipis, dan juga telor asin.

Itu  dia resep rawon daging sapi yang bisa Anda praktekkan di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin mencoba memasak rawon yang mungkin sebelumnya belum pernah dicoba. Jadi tunggu apa lagi, langsung cobalah bersama dengan teman atau keluarga atau saudara Anda. 
Show comments
Hide comments

1 comment: