IBX585154878C21F

Thursday, May 31, 2018

3 Masalah Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Genset

Memiliki genset memang sangat membantu sekali, terutama saat listrik PLN mati. Setidaknya tidak perlu takut dan panik lagi menghadapi pemadaman listrik dari PLN, mau lama atau sebentar, toh ada genset yang bisa menggantikan sumber listrik sementara. Namun, dalam pemakaiannya terutama jika sudah lama digunakan selama bertahun-tahun, genset bisa mengalami masalah seperti mesin yang tiba-tiba mati, tidak bisa distarter atau berkurangnya daya mesin. Jika sudah seperti ini, tentu genset tidak bisa digunakan secara maksimal lagi.  

Harga Genset

Pilihan untuk mengganti genset atau memperbaikinya terkadang timbul jika sudah menghadapi berbagai masalah yang sering terjadi pada mesin genset yang tidak lagi sepenuhnya baik seperti pada awal pemakaian. Namun, dengan pertimbangan harga genset yang dinilai cukup mahal, tentu keinginan untuk segera mengganti dengan yang baru tidak bisa dilakukan karena keterbatasan dana. 

Jadi, daripada bingung, lebih baik anda mencoba untuk memahami berbagai masalah yang sering terjadi pada mesin genset serta bagaimana mengatasinya. Siapa tahu, masalah mesin genset yang sering terjadi bisa diatasi dengan mudah.
Apa saja sih masalah yang sering terjadi pada genset??? Ini sebagian diantaranya!

1.       Genset Tiba-tiba Mati

Saat genset sedang dalam keadaan menyala namun ditengah kondisi tersebut, tiba-tiba mesin genset mati tanpa sebab, padahal tidak dimatikan secara sengaja. Hal ini memang dapat terjadi bahkan sering. Jangan panik! Hal ini bukan berarti genset rusak total. Cobalah untuk memeriksa bagian-bagian mesin genset, siapa tahu ada air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Ya, masuknya air ke bagian tangki bahan bakar genset bisa jadi salah satu penyebab matinya mesin secara mendadak. Untuk mengatasi hal ini, cukup buang air di dalam tangki. 

Tidak hanya masuknya air ke dalam tangki, masalah penyumbatan bagian ventilasi genset juga bisa menjadi penyebab lainnya dari matinya mesin genset. Biasanya tersumbatnya ventilasi akibat jarangnya dibersihkan sehingga kotoran seperti debu mudah menempel dan jika dibiarkan dalam waktu lama akan menumpuk dan menyumbat bagian ventilasi genset. Untuk itu, bersihkan secara teratur bagian ini.

2.       Genset Sulit Distarter

Untuk menghidupkan genset, biasanya harus distarter terlebih dahulu. Namun, terkadang adakalanya genset sulit distarter. Masalah ini juga sering terjadi pada beberapa jenis genset. Apa penyebabnya? Kemungkinan penyebab yang pertama ialah lemahnya daya aki genset. Untuk memastikan, periksa kondisi aki. Jika memang benar daya aki sudah melemah, maka harus dilakukan pengisian ulang. Namun, jika kondisi aki sudah benar-benar buruk, solusi terbaik adalah dengan mengganti aki genset dengan yang baru.
Apabila kondisi aki masih bagus dan dayanya masih kuat, maka penyebab lain dari tidak bisanya genset distarter adalah adanya kabel yang tidak terhubung dengan baik atau putus. Sambungkan terlebih dahulu kabel atau ganti kabel yang putus dengan yang baru, setelah itu coba kembali untuk melakukan starter ulang.

3.       Hilangnya Daya Mesin

Hilangnya daya mesin genset menjadi masalah lain yang terkadang harus dihadapi pengguna genset. Penyebabnya tidak lain dari kondisi plunger pompa yang aus karena sudah terlalu sering digunakan atau dipakai terlalu lama. Sebelum memutuskan untuk mengganti plunger pompa, lakukan penyetelan ulang terlebih dahulu kemudian cobalah menghidupkan mesin. Jika memang tidak bisa, barulah ganti plunger dengan yang baru. Apabila terdapat banyak bagian yang rusak atau mesin genset tidak bisa lagi dioperasikan, mungkin sudah saatnya untuk mengganti dengan yang baru. Anda bisa mempertimbangkan harga genset yang murah namun dengan kualitas yang bagus.

No comments:

Post a Comment