Saturday, September 22, 2018

Hal-hal Penting yang Perlu Bunda Mengerti Sebelum Memulai MPASI Anak


Menu MPASI Pertama


Orang tua yang mempunyai buah hati dan akan memasuki usia 5 atau 6 tahun pasti sangat antusias sekali dalam mempersiapkan MPASI. Ya, itu merupakan tahapan yang harus dilalui oleh anak untuk mengenal makanan apa saja yang diperlukan sebagai pendamping ASI. Sebagai bunda pasti bingung sekali harus memilih menu MPASI pertama yang seperti apa, terlebih itu merupakan buah hati pertama yang pasti merupakan pengalaman awal. Hal itu wajar saja dirasakan oleh para ibu, tetapi dengan banyaknya buku panduan ataupun informasi dari internet akan lebih memudahkan.

Memulai untuk tahap MPASI pada anak pertama kalinya itu sebenarnya mudah saja, yang paling penting bunda sudah paham mengenai panduan yang tepat. Untuk menambah informasi, berikut ini ada hal-hal penting yang perlu untuk diperhatikan yaitu:

1.       Perhatikan tekstur, rasa dan aroma.
Meskipun sudah memulai mengenal makanan tetapi jangan samakan buah hati Anda dengan orang dewasa. Terlebih lagi dari tekstur, rasa dan aroma harus disesuaikan dengan anak tanpa memaksakan.

2.       Variasi menu.
Atur menu yang cukup banyak dari variasikan sesuai dengan tahapan, misalnya minggu pertama buah, lalu sayur, kemudian daging-dagingan dan lainnya. Hal ini tentu supaya anak lebih mengenal banyak rasa dan jenis makanan.

3.       Olah sendiri.
Tidak sedikit orang tua yang merasa kerepotan ketika harus menyiapkan menu dan mengolahnya sendiri untuk buah hati, pilihannya pada menu instan. Padahal banyak pakar dan ahli mengatakan lebih baik hindari mpasi instan yang ternyata kandungannya jauh lebih baik olahan sendiri.

4.       Kenali reaksi anak.
Memberikan dan mengenalkan anak dengan berbagai jenis makanan itu sah-sah saja tetapi orang tua harus paham seperti apa reaksi anak ketika makan makanan tersebut.

Pertumbuhan anak dari kecil itu tergantung dari perawatan orang tua apakah memang sudah tepat atau tidak. Seperti untuk memulai MPASI memang tidak mudah tetapi tidak sulit pula selagi bunda belajar memahami, perbanyak informasi dan lainnya dari dunia luar. Diatas hanyalah 4 poin paling penting untuk diperhatikan, selebihnya Anda bisa mencari pada buku ataupun artikel mengenai panduan MPASI secara tepat dan lengkap.

No comments:

Post a Comment