Thursday, September 6, 2018

Inilah Hal-hal yang Perlu Diketahui Ketika Akan Menggunakan Router Wifi


Router Wifi AlcatelTelekomunikasi


Bagi Anda pengguna komputer dan internet, pastinya sudah mengenal atau bahkan menggunakan router untuk membagi jaringan yang dimiliki. Router merupakan alat pembagi jaringan sehingga jaringan internet dari provider penyedia dapat digunakan untuk beberapa perangkat sekaligus. Di dalam rumah misalnya, router diperlukan agar jaringan internet dari provider dapat digunakan untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer hingga printer melalui kabel. Namun kini dengan banyaknya pengguna smartphone, router diubah menjadi wireless agar juga dapat digunakan sebagai sumber internet ponsel pintar. Router wifi menjadi primadona dan alat wajib untuk ada di rumah atau di kantor agar bisa selalu terhubung dengan internet tanpa adanya kabel yang mengurangi mobilitas.

Bagi Anda yang telah menggunakan router jenis wifi ataupun yang baru akan menggunakannya, ada beberapa hal yang sebaiknya diketahui terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk memilih ataupun mensetting router tersebut. Berikut ini adalah beberapa informasi yang mungkin berguna untuk Anda dan pengguna router lainnya:

  1. Cara proteksi jaringan agar tidak bocor.
Bagi Anda pengguna langganan paket provider non unlimited, pastinya sayang jika kuota yang dimiliki bocor akibat digunakan oleh pihak lainnya. Cara menanggulanginya adalah dengan memberikan password pada router Anda sehingga hanya orang-orang tertentu yang mengetahui password tersebut saja yang bisa terkoneksi dengan jaringan router.

  1. Pengertian kode 150M dan 300M.
Pada router ada kode yang tertulis antara lain 150M atau 300M. Kode tersebut berarti adalah koneksi maksimum yang bisa diterima. Semakin besar maka harganya juga akan semakin mahal. Jangan sampai Anda mengira Anda bahwa kode tersebut adalah kecepatan transfer datanya.

  1. Memilih penyedia provider.
Memilih provider penyedia juga merupakan point yang perlu diperhatikan. Selain penyedia, pilihan paket juga perlu Anda sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya memilih paket unlimited ataukah yang memiliki batasan kuota.

  1. Radiasi.
Meski pada dasarnya router memancarkan sinar radiasi yang kecil, namun tak ada salahnya jika Anda mematikannya saat tak digunakan. Selain itu Anda bisa meletakkannya di bagian yang jauh dari tempat tidur atau dari jangkauan anak-anak.

Sebenarnya cukup mudah untuk mengkonfigurasi router wifi yang dimiliki termasuk memasang paswordnya. Namun jika Anda kesulitan maka menggunakan jasa pemasangan dari provider juga bisa dilakukan. Bahkan bagi provider tertentu, Anda tak perlu membeli router sendiri karena bisa menyewa dengan biaya sewa bulanan. Dengan menggunakan router, kini jaringan internet dari provider bisa dibagikan ke beberapa perangkat dengan jumlah sesuai dengan kapasitas maksimum yang dapat dilayani oleh router. Selain secara wireless, beberapa router juga memiliki slot untuk kabel usb dan kabel data sehingga bisa juga Anda hubungkan langsung dengan perangkat melalui kabel tersebut.

No comments:

Post a Comment