IBX585154878C21F

Monday, November 5, 2018

Cara Mudah Mengecek Sertifikat Tanah Secara Online


BPN Online

Rumah merupakan salah satu tempat yang digunakan untuk bernaung. Suatu rumah tentu harus memiliki sertifikat tanah. Sertifikat tanah merupakan salah satu jenis surat-surat yang sangat penting. Sertifikat tanah menjadi hal yang penting karena menunjukkan hak atas kepemilikan rumah tersebut. Fungsinya yang sangat penting ini membuat sertifikat tanah rentan untuk dipalsukan. Sertifikat tanah juga sering dipalsukan karena digunakan dengan ceroboh dan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Sertifikat tanah banyak dipalsukan untuk klaim warisan tanah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga mengecek keaslian sertifikat BPN online sangatlah penting. Ada banyak sekali cara untuk mengecek sertifikat tanah secara online. Pentingnya mengetahui cara mengecek keaslian sertifikat tanah untuk menghindari adanya penipuan. Misalnya, saat Anda akan membeli rumah baru, mengenali sertifikat tanah yang asli dan palsu sangatlah penting. Beberapa cara berikut ini bisa digunakan untuk mengecek keaslian sertifikat tanah sehingga terhindar dari penipuan

Cek Sertifikat Secara Online
Kecanggihan di bidang teknologi dan informasi mempermudahkan urusan manusia. Salah satunya yaitu adanya layanan online dari kantor Badan Pertahanan Nasional Online atau BPN. Dengan adanya layanan pengecekan sertifikat tanah dari BPN ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengurus dan mengecek secara langsung. Karena Anda bisa mengecek keaslian sertifikat tanah melalui sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh pemerintah. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengecek keaslian dari sertifikat tanah Anda melalui smartphone.
Aplikasi yang bisa di buka melalui smartphone memang sangat mudah untuk digunakan. Anda bisa mengeceknya kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya itu, aplikasi yang diluncurkan untuk memudahkan Anda membedakan sertifikat tanah yang palsu dan asli ini bisa diunduh secara gratis. Smartphone yang banyak digunakan dengan sistem operasi Android. Bagi Anda yang menggunakan smarphone OS Android, Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui PlayStore tanpa harus membayar.

Cara Cek Sertifikat Tanah Melalui BPN Online
Layanan dari Badan Pertahanan Nasional Online ini memudahkan siapa saja untuk mengecek keaslian sertifikat tanahnya secara akurat. Berikut ini adalah cara cek sertifikat tanah melalui Badan Pertahanan Nasional Online.
1.    Cara yang pertama yaitu mengunduh dan menginstal aplikasi Badan Pertahanan Nasional online di PlayStore bagi para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android.
2.    Untuk pengecekan keaslian sertifikat, Anda bisa langsung menuju pada menu info sertifikat.
3.    Setelah membuka menu info sertifikat, Anda akan diarahkan untuk memasukkan nomor HAK.
4.    Selain memasukkan nomor Hak, Anda juga perlu mencantumkan nomor sertifikat.
5.    Nomor surat ukur juga perlu untuk dimasukkan.
6.    Setelah itu, Anda sudah bisa mengetahui informasi mengenai sertifikat tanah Anda.
Mengecek menggunakan aplikasi yang bisa diunduh secara gratis memungkinkan Anda bisa mengeceknya secara akurat. Karena aplikasi ini memang diluncurkan oleh pemerintah untuk mempermudah masyarakat Indonesia mengecek keaslian sertifikat tanah. Aplikasi ini sangat berguna sekali untuk Anda yang ingin membeli rumah baru. Membeli hunian baik yang sudah pernah ditinggali atau membeli rumah baru haruslah mengecek kelengkapan surat-surat dan hak miliknya.

Selain saat membeli rumah baru, pengecekan sertifikat tanah asli melalui Badan Pertahanan Nasional online juga bisa dilakukan untuk membeli ruko ataupun lahan untuk berbisnis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis properti memang sangat menguntungkan. Terlebih lagi, saat ini property tidak hanya digunakan sebagai bisnis saja. Properti sudah bisa digunakan sebagai lahan investasi. Sehingga untuk mendapatkan keuntungan dari investasi dan bisnis tersebut, pastikan sertifikat tanah yang Anda miliki adalah asli.

Cara Lain Cek Keaslian Sertifikat Tanah Secara Online
Apakah mengecek keaslian sertifikat tanah secara online hanya melalui aplikasi Badan Pertahanan Nasional saja? Kecanggihan informasi dan teknologi memungkinkan Anda bisa dengan mudah mengecek keaslian sertifikat tanah Anda melalui KiosK dan Website. Lantas bagaimana cara mengecek keaslian tanah melalui KiosK dan Website? Berikut ini adalah cara-cara mengecek keaslian sertifikat tanah Anda melalui kedua platform tersebut.

·         Cek Sertifikat Tanah Melalui KiosK
KiosK merupakan salah satu platform dari Badan Pertahanan Nasional yang bisa diakses dengan mudah. Mengecek keaslian tanah melalui KiosK terbilang sangat mudah dan praktis karena Anda tidak perlu mengantri. Layanan ini sangatlah berbeda dengan mengecek sertifikat tanah secara offline atau mendatangi langsung kantor pertahanan dan mengantri. Anda tidak perlu mengantri lagi dengan menggunakan KiosK.

·         Cek Sertifikat Tanah Melalui Website
Selain mengecek keaslian sertifikat tanah melalui aplikasi BPN online ynag mengusung nama “Sentuh Tanahku”, melalui KiosK, Anda bisa mengeceknya melalui website. Anda bisa mengakses website BPN RI yang resmi di www.BPN.go.id. Dengan mengakses di situs remi dari pemerintah ini, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengantri lama untuk mengecek keaslian sertifikat tanah Anda.

No comments:

Post a Comment