IBX585154878C21F

Monday, November 19, 2018

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api yang Simpel & Mudah


Tiket Kereta Api

Pernahkah Anda mengalami hal yang tidak diinginkan saat akan pergi berlibur? Padahal rencana liburan sudah tersusun rapi. Tetapi karena satu dua hal Anda harus mengganti jadwal keberangkatan ataupun membatalkan tiket yang sudah terpesan. Hal ini tentu menjadi mimpi buruk semua orang yang hendak berlibur. Namun, membatalkan tiket saat ini sudah menjadi lebih mudah. Terlebih lagi, bagi Anda yang akan berlibur menggunakan transportasi kereta api.

Kereta api sudah menjadi salah satu sarana transportasi yang nyaman dan mudah dipesan. Selain mudah untuk dipesan, pembatalan tiket kereta api juga tidaklah sulit. Ibarat kata “ada banyak jalan menuju Roma”, ada banyak sekali cara pembatalan tiket kereta api yang simpel dan mudah. Bahkan, Anda bisa mendapatkan refund atau uang yang sudah Anda bayarkan untuk tiket kereta bisa dikembalikan sehingga Anda tidak merasa dirugikan. Cara berikut ini bisa Anda lakukan dengan mudah untuk membatalkan tiket yang sudah Anda pesan.

Mendatangi Stasiun Kereta Api
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk membatalkan tiket kereta api yaitu dengan mendatangi stasiun kereta api. Pembatalan tiket kereta api memang hanya bisa dilakukan di stasiun kereta api saja. Sama halnya bagi Anda yang akan mengajukan refund atau pengembalian uang. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua stasiun bisa melayani pengajuan pembatalan tiket dan refund. Pengajuan pembatalan tiket harus dilakukan di stasiun-stasiun dengan daerah operasi di kota-kota tertentu saja. Seperti di DAOP Kereta Api Indonesia yang tersebar di kota-kota besar Indonesia serta di DIVRE atau divisi regional KAI. Pengajuan pembatalan tiket hanya dilayani di DAOP dan DIVRE. Selain itu, stasiun-stasiun yang menjadi transit tidak bisa melayani pembatalan dan refund tiket kereta api.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api
Setelah mendatangi stasiun kereta api yang ada di lingkup DAOP dan DIVRE KAI, cara pembatalan tiket kereta api yang simpel dan mudah juga bisa dilakukan dengan mengetahui syarat-syaratnya. Syarat pembatalan tiket kereta api dan mengajukan refund harus membawa booking ID, fotokopi identitas dan juga identitas asli Anda. Pengajuan pembatalan tiket ini hanya bisa dilakukan oleh orang yang bersangkutan itu sendiri.

Namun, bagi Anda yang tidak bisa mendatangi stasiun kereta api secara langsung dan mengharuskan orang lain untuk mengurus, Anda diwajibkan untuk membuat surat kuasa dan bertanda tangan diatas materai untuk mengajukan pembatalan tiket. Pastikan orang yang mengurus pembatalan tiket Anda adalah orang yang terpercaya seperti saudara maupun rekan Anda. Dengan membawa syarat-syarat ini, pembatalan tiket akan diproses dan uang Anda akan dikembalikan sekian persen. Biasanya, uang yang dikembalikan sebesar 75% hingga 80% dari uang yang dibayarkan.

Itulah cara pembatalan tiket kereta api yang simpel dan mudah. Menggunakan jasa transportasi kereta api selain lebih mudah untuk mengajukan pembatalan, pesan tiket kereta api saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah melalui online. Anda tidak perlu memesan secara langsung di stasiun-stasiun KAI saja. Anda bisa memesan tiket kereta api melalui online travel agent atau OTA. Memesan tiket kereta api secara online sangat menguntungkan karena Anda bisa memesan kapan saja dan dimana saja. Memesan lewat online juga bisa mendapatkan harga tiket kereta api yang jauh lebih murah. Anda juga bisa mengecek jadwal keberangkatan kereta api dengan cek disini.

No comments:

Post a Comment