IBX585154878C21F

Friday, December 14, 2018

Butuh Plester Luka? Pakai Hansaplast, Aja!


Pengetahuan Pertolongan Pada Luka

Luka sekecil apapun jangan disepelekan, apalagi jika luka yang terjadi cukup dalam. Adapun cara merawat luka dalam pengetahuan medis harus dilakukan dengan benar untuk mencegah kemungkinan terjadi infeksi. Bahkan beberapa jenis infeksi dapat menyebabkan hilangnya nyawa.
Lalu bagaimana pengetahuan pertolongan pada luka berdasarkan medis? Di bawah ini akan dibahas mengenai cara membersihkan dan merawat luka yang benar, sebagai berikut:

       Hentikan Pendarahan Pada Bagian Yang Luka
Luka yang terdapat pada kulit haruslah segera dibersihkan di seluruh bagiannya. Selain unutj menghentikan kemungkinan terkena infeksi juga untuk mencegah adanya jaringan parut atau keloid.
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menghentikan pendarahan dengan cara menahan atau menutup bagian yang luka dengan menggunakan kapas atau massa steril sambil agak sedikit ditekan.
       Bersihkan Luka Di Bawah Air Mengalir
Membersihkan luka haruslah di bawah air mengalir agar segala kuman atau bakteri dapat dibuang dengan menggunakan aliran air. Sembari membersihkan air Anda dapat sedikit menekan bagian yang luka untuk memastikan bahwa darah telah berhenti mengalir.
Selain itu penggunaan air dingin jauh lebih baik ketimbang membersihkan luka memakai air hangat. Pastikan tekanan aliran air yang digunakan dalam skala yang sedang sehingga tidak memperparah luka.
       Keringkan Luka Dengan Seksama
Setelah selesai mencuci luka, keringkan dengan handuk bersih atau dapat pula menggunakan kassa steril hingga kering dengan seksama. Jika sudah kering, Anda dapat menggunakan cairan alkohol untuk langkah terakhir mematikan kuman sebelum menutup luka dengan plester khusus luka atau dengan menggunakan kassa steril yang diberi bersekat.
       Tutup luka namun jangan terlalu rapat karena justru akan membuat luka menjadi lebih lembab sehingga berujung bagian luka sedikit “benyek”.
       Ganti plester setiap hari agar luka tetap bersih.
Sementara untuk luka yang tidak terlalu dalam Anda juga dapat menggunakan langkah-langkah tersebut di atas dengan langkah terakhir adalah menggunakan plester Hansaplast sebagai pertolongan pertama.
Bagaimana Cara Plester Mengobati Luka?
Pada dasarnya, luka ringan tidak boleh dibiarkan terbuka karena justru akan memperlambat proses kesembuhan, selain itu seperti telah disinggung di atas dapat meningkatkan risiko terkena infeksi. Selain itu, luka yang terpapar sinar matahari akan lebih lama proses memerahnya, dan ada kemungkinan dapat merusakkan sel-sel kulit baru pada saat proses penyembuhan.
Untuk melindungi luka dari hal tersebut makan digunakan perban atau plester luka yang dapat menjaga kelembapan kulit dan tidak mencegah oksigen untuk masuk. Oksigen termasuk salah satu untuk penting untuk menyembuhkan luka.
Sementara pada plester Hansaplast sendiri memiliki lapisan yang berfungsi dengan ampuh untuk membunuh kuman serta mencegah infeksi, sekaligus mempercepat penyembuhan karena pada plester ini terdapat ion antiseptik yang bekerja aktif melepaskan ion selama masa penyembuhan.
Ion antiseptik inilah yang kemudian berperan sebagai senjata ampuh untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada permukaan kulit.
Demikian cara untuk mengatasi luka. Segera kunjungi tenaga kesehatan jika luka tidak kunjung sembuh, agar dokter dapat memberikan obat-obatan oral yang dapat membantu penyembuhan luka.

No comments:

Post a Comment