IBX585154878C21F

Sunday, January 27, 2019

4 Kutipan Menarik Saat Debat Perdana Pilpres 2019

Debat perdana Pilpres tahun 2019 sudah resmi dilaksanakan pada tanggal 17 Januari lalu. Setidaknya ada 4 tema yang dibahas pada debat perdana Pilpres tahun ini seperti korupsi, HAM, hukum, dan terorisme. Selama debat perdana berlangsung ada beberapa kutipan menarik dari kedua calon presiden. Berikut beberapa kutipan menarik debat perdana Pilpres 2019.  

Pilpres 2019


1. Kutipan Jokowi
Dalam debat perdana capres yang dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019, ada kutipan menarik yang dipaparkan oleh Joko Widodo. Kutipan tersebut menyatakan bahwa ia tak hanya akan melakukan pendekatan melalui penegakan hukum yang tegas saja, namun juga akan melakukan pendekatan persuasif melalui sosial, ekonomi, bahkan agama. 

Selian itu, berlau juga mengatakan bahwa perlu adanya penyederhanaan dalam kepartaian bangsa Indonesia. Hal ini akan menyebabkan pemilu akan menjadi lebih murah, dan para pejabat tidak akan terbebani dengan biaya pemilu. Dengan harapan bangsa Indonesia dapat memangkas suap, politik uang, korupsi, dan mendapatkan pejabat yang berintegritas tinggi. 

2. Kutipan Ma'ruf Amin
Dalam debat perdana capres Ma’ruf Amin juga angkat bicara mengenai masalah radikalisme pemahaman agama yang salah dan pemahaman tersebut harus diluruskan. Apabila masalahnya terdapat pada bidang ekonomi maka harus ada pemberdayaan. Namun nyatanya tidak semua masalah radikalisme dan terorisme terjadi karena masalah kesulitan ekonomi. 

Dengan harapan bangsa Indonesia akan dapat melakukan pencegahan mengenai pro dan kontra radikalisme demi menekankan paham radikal dan intoleran. Hal ini dapat terwujud dengan melakukan pendekatan yang lebih humanis dan manusia tak harus melanggar HAM. Beliau akan mengajak ormas-ormas khusus organisasi keagamaan. 

Sedangkan dari segi hukum, programnya adalah melanjutkan reformasi di bidang hukum secara keseluruhan. Salah satu hal yang perlu dibenahi adalah panutan regulasi. Panutan regulasi sendiri harus menghilangkan yang tumpang tindih dan membuat peraturan baru yang berkualitas dan bermanfaat untuk rakyat.  

3. Kutipan Prabowo
Calon presiden Prabowo juga mengemukakan pendapatnya pada debat perdana capres. Beliau menyatakan bahwa kita harus menyelesaikan muara masalah. Muara masalah yang dimaksud adalah bangsa Indonesia harus memiliki ruang yang cukup demi menjamin kualitas hidup para petugas yang berwewenang mengambil keputusan sehingga tidak bisa korupsi. 

Tak hanya itu saja, beliau juga mengungkapkan bahwa Prabowo dan Sandi akan investasi besar-besaran dalam bidang kesehatan dan pendidikan demi membantu rakyat miskin. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas dan kapasitas penerus bangsa. Dengan harapan hal ini akan mempengaruhi pembangunan dan pendidikan yang ada di Indonesia. 

Sedangkan dari segi hukum, pihak Prabowo menyatakan bahwa ia akan melakukan pemberdayaan badan pembinaan nasional demi memperkuat pakar-pakar hukum yang ada di Indonesia. Hal ini bertujuan agar semua orang paham betul mengenai hukum yang ada di Indonesia. 

4. Kutipan Sandiaga Uno
Pasangan Prabowo pada Pilpres 2019 Sandiaga Uno menyatakan bahwa pekerjaan besar ini harus dipimpin oleh presiden dan wakil presiden. Mereka akan bertanggung jawab untuk menjaga harmonisasi dengan menghadirkan kepastian hukum. Dengan tujuan kapasitas hukum ini akan dapat menghadirkan keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat. 

Tak hanya itu saja, Sandiaga Uno juga menyatakan bahwa setelah adanya Undang-Undang nomoer 26 tahun 2000 yang menjelaskan mekanisme penanganan HAM berat. Mereka berkomitmen bahwa boleh berdamai dengan masa lalu namun hukum juga harus tetap ditegakkan. 

Itulah beberapa kutipan menarik saat debat perdana capres pada tanggal 17 Januari 2019. Jadi menurut Anda kutipan siapa nih yang paling menarik dan sesuai dengan ideologi Anda? Debat capres ini masih akan digelar hingga 5 kali di 4 tempat yang berbeda. Bagaimana sudah siapa Anda mengikuti Pilpres 2019 ini?  

No comments:

Post a Comment