IBX585154878C21F

Monday, January 14, 2019

5 Langkah Cerdas Belanja Produk Elektronik Secara Online

Kecanggihan teknologi hari ini sangat membantu untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah belanja kebutuhan rumah tangga. Tidak hanya barang-barang sembako atau kebutuhan dapur, Anda juga bisa belanja produk Elektronik. Seperti membeli setrika, mesin cuci, televisi, dan yang lainnya.  

Elektronik

Belanja secara online sangat membantu untuk menghemat waktu dan memberikan Anda banyak pilihan produk. Hanya saja saat berbelanja secara online perlu dilakukan dengan cermat agar produk yang dibeli sesuai dengan yang diharapkan. 

Belanja Produk Elektronik Secara Online

Berikut adalah langkah cerdas yang bisa Anda terapkan saat belanja secara online.

1. Memilih Toko Online
Langkah awal yang dilakukan adalah dengan memilih toko online. Cara memilihnya dengan melihat apakah produk yang ditawarkan oleh toko tersebut variannya banyak atau tidak. Setelah itu lihat apakah toko menampilkan spesifikasi produk secara detail atau tidak. 

Setelah Anda menemukannya, lihat testimoni pelanggan yang ditampilkan pada laman situs toko. Jika Anda telah menemukan toko yang memenuhi kriteria ini, selanjutnya pilihlah toko online yang memberikan garansi produk. Adanya garansi ini menunjukkan bahwa toko online tersebut menjual produk yang berkualitas dan terjamin.

2. Memperhatikan Spesifikasi Produk
Langkah berikutnya yang perlu diperhatikan saat membeli barang elektronik secara online adalah melihat detail spesifikasi produk. Anda perlu melihat bagian-bagian produk mulai dari materialnya dan cara penggunaannya. Selain itu di spesifikasi juga dijelaskan tentang kapasitas dan kemampuan produk elektronik tersebut. 

Misalnya Anda akan melakukan pembelian mesin cuci, maka akan ada kapasitas daya dan muatan pakaian yang bisa dicuci dengan mesin tersebut. Spesifikasi ini akan membantu Anda mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut atau tidak. Anda juga bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dari spesifikasi yang ada. 

3. Melihat Harga
Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengetahui harga produk. Ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah harga yang ditawarkan tersebut sudah merupakan harga pasaran atau bukan. Selain itu, dengan adanya harga ini bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk mengetahui produk yang dijual original atau tidak. Bagaimana pun juga harga berbanding lurus dengan kualitas sebuah produk. 

4. Mencermati Sistem Pembayaran
Saat berbelanja secara online penting bagi Anda untuk mencermati sistem pembayaran yang ada. Anda harus hati-hati dalam melakukan pembayaran. Pastikan toko online tersebut memiliki sistem pembayaran yang aman. Anda bisa melihat sistem pembayaran online-nya dengan melihat fasilitas pembayaran yang tersedia. 

Saat melakukan pembayaran Anda juga harus berhati-hati. Jangan sampai melakukan kesalahan kode transfer. Simpan bukti pembayaran yang dilakukan sebagai bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti barang yang tidak sampai. 

5. Memeriksa Pengiriman
Pastikan bahwa pihak toko online melakukan packing dengan benar dan aman. Biasanya, untuk produk elektronik ini akan dilapisi dengan kayu agar tidak terjadi kerusakan. Tanyakan juga ekspedisi yang digunakan agar Anda bisa mencari tahu track record-nya dalam pengiriman barang elektronik. Tanyakan dengan detail ongkos kirim yang akan dikeluarkan saat memesan produk tersebut. 

Demikianlah 5 langkah cerdas belanja produk elektronik secara online. Banyak sekali toko online yang menyediakan barang-barang yang Anda butuhkan, hanya saja tidak semuanya memprioritaskan kualitas. Oleh karena itu usahakan untuk memilih toko online yang terpercaya dan kredibilitasnya baik. Apabila masih bingung memilih toko, mintalah rekomendasi dari rekan atau kerabat yang lebih berpengalaman.

No comments:

Post a Comment