Wednesday, January 30, 2019

7 Cara Mengatasi Gusi Berdarah yang Ampuh

Gusi yang berdarah merupakan salah satu tanda adanya masalah pada kesehatan mulut Anda. Gusi berdarah itu memiliki banyak sekali penyebab seperti penumpukan plak di garis gusi, menyikat gigi terlalu keras dan lainnya. Anda harus bisa menemukan cara mengatasi gusi berdarah yang benar. Ini cara yang bisa Anda terapkan! 

Cara Mengatasi Gusi Berdarah

1. Gunakan Sikat Gigi yang Lembut
Salah satu penyebab kenapa gusi Anda sering berdarah adalah karena menyikat gigi terlalu keras. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sikat gigi yang bulunya lembut. Sikatlah secara perlahan dan lakukan setidaknya dua kali sehari. Hal ini bisa membantu Anda mengatasi gusi yang berdarah atau setidaknya mengurangi rasa sakitnya.

2. Kumur dengan Air Dingin
Cara lain yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi gusi yang berdarah adalah dengan berkumur menggunakan air dingin. Berkumur menggunakan air dingin ini bisa merangsang terjadinya penyempitan pembuluh darah pada gusi sehingga aliran darah yang keluar juga bisa dihambat.

Selain itu, penggunaan air dingin untuk berkumur juga bisa mengurangi zat-zat penyebab peradangan sehingga rasa nyeri dan bengkak akibat gusi berdasarh tersebut bisa cepat reda. Selain digunakan untuk berkumur, Anda bisa menempelkan kantong plastik berisi es batu yang dibalut dengan kain lap tipis dan menempelkannya pada pipi sisi gusi yang berdarah.

3. Makan Banyak Vitamin
Jika Anda telah datang ke dokter dan dokter mendiagnosis Anda kekurangan vitamin, maka konsumsilah vitamin lebih banyak. Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung banyak vitamin C dan K seperti jeruk, mangga, jambu biji atau stroberri. Anda juga bisa langsung mengonsumsi suplemen vitamin langsung.

4. Berhenti Merokok
Bagi Anda yang hobi merokok, salah satu cara mengatasi gusi berdarah adalah dengan berhenti merokok. Rokok bisa menghambat daya tahan tubuh untuk melawan infeksi penyebab gusi berdarah. Sebab, rokok bisa membuat mulut kering dan terasa asam sehingga bakteri dalam mulut lebih mudah berkembang.

Berhenti merokok dalah solusi paling efektif untuk mengatasi masalah ini. Meski Anda bukan perokok aktif alias hanya terkena paparan asap rokok saja, Anda juga harus menghentikan paparan tersebut. Sebisa mungkin hindari terkena paparan bila ingin gusi berdarah Anda berhenti.

5. Berkumur dengan Air Garam
Selain air dingin, berkumur menggunakan air garam juga salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi gusi bengkak. Garam memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang bisa meredakan pembengkakan dan infeksi penyebab gusi berdarah. Anda bisa menyampur dua sendok garam dan gunakan sebagai obat kumur.

6. Konsumsi Madu Murni
Selain garam, mengonsumsi madu murni juga bisa jadi salah satu cara mengatasi gusi yang berdarah. Seperti garam, madu murni juga mengandung antiinflamasi dan antibakteri yang bisa membantu menyingkirkan bakteri penyebab gusi yang membengkak dan berdarah. Anda bisa mengoleskannya langsung pada bagian gusi yang berdarah untuk mengatasinya.

7. Kunyit
Mengoleskan krim yang dibuat dari bubuk kunyit dan minyak kelapa nyatanya juga bisa jadi obat alami untuk mengatasi gusi yang bengkak dan berdarah. Kunyit mengandung kurkumin yang tinggi yang bisa mempercepat penyembuhan gusi bengkak dan berdarah. Anda hanya perlu memijat bagian gusi yang bengkak menggunakan krim dari bubuk kunyit itu saja.

Itulah beberapa cara mengatasi gusi berdarah yang bisa Anda coba. Cara ini cukup manjur untuk menghilangkan rasa sakit, nyeri dan bengkak akibat gusi berdarah itu. Selain itu, untuk mencegah terjadinya pembengkakan pada gusi, baiknya Anda rutin gosok gigi. Gunakan pasta gigi dengan kandungan yang diperlukan untuk ini seperti Pepsodent.

No comments:

Post a Comment