IBX585154878C21F

Monday, January 14, 2019

Pentingnya Resep MPASI Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi


Resep MPASI

Sebagai orang tua, tentu Anda akan melakukan yang terbaik agar pertumbuhan dan perkembangan si kecil berlangsung secara optimal. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan asupan gizi melalui makanan pendamping ASI. Ada banyak sekali resep MPASI yang bisa diberikan untuk bayi sehingga bayi tidak akan bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Anda bisa membuat makanan untuk si kecil dengan mudah di rumah. Kendati demikian, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa makanan tersebut memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Manfaat MPASI bagi Bayi
Tidak sekedar mengenalkan makanan pada bayi, MPASI juga memiliki deretan manfaat penting bagi si kecil. Lebih lengkapnya bisa Anda simak ulasan berikut ini.

  1. Perkembangan Otak
Perkembangan yang paling utama bagi bayi sebagai kontrol dari seluruh organ di dalam tubuh adalah perkembangan otak. Makanan pendamping ASI dengan kandungan zat besi sangat bermanfaat untuk perkembangan otak bayi.
Penting untuk Anda memilih resep yang bahannya mengandung zat besi. Anda bisa mendapatkan kandungan ini dari sayur bayam yang bisa diolah menjadi bubur bayi. Selain dari bayam bisa juga dari kandungan ikan yang kaya omega 3.

  1. Pertumbuhan Tulang
Makanan pendamping ASI juga memiliki manfaat untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang. Nutrisi yang didapatkan dari resep MPASI akan membantu pertumbuhan tulang bayi menjadi lebih cepat, sehingga bisa bergerak aktif.
Makanan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang ini bisa dari brokoli, kedelai, dan buncis yang kayak dengan kalsium dan magnesium. Anda juga bisa mendapatkannya dari ikan dan telur yang juga bisa diolah menjadi resep makanan pendamping ASI untuk bayi.

  1. Pertumbuhan Gigi
Pemberian makanan pendamping ASI juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan gigi agar bisa tumbuh sesuai dengan usianya. Semakin cepat gigi bayi tumbuh semakin baik untuknya karena dapat melakukan pencernaan makanan dengan lebih cepat.
Gigi yang terus bertambah pun akan meningkatkan tekstur dari makanan bayi. Kandungan untuk pertumbuhan gigi bayi ini bisa didapatkan dengan membuat makanan pendamping ASI dari biji-bijian dan gandum. Makanan ini kayak dengan fosfor yang dibutuhkan oleh gigi.

  1. Perkembangan Otot
Makanan pendamping ASI yang bergizi akan memberikan manfaat dengan membantu perkembangan otot. Anda bisa melihat proses perkembangannya dari waktu ke waktu sejak bayi pertama kali diberikan MPASI. Perkembangan ini akan mulai terlihat sejak bayi pandai merangkak. Jika perkembangan otot bayi sudah berjalan optimal maka ini akan membuat bayi lebih cepat berjalan.
Perkembangan otot tidak hanya pada kaki bayi tetapi juga pada tangannya yang membuat bayi memiliki kemampuan untuk memegang. Jika bayi sudah bisa memegang suatu benda, Anda sudah bisa mengajarkannya makan dengan memegang sendoknya sendiri. Lakukan stimulasi untuk membantu perkembangan otot bayi menjadi lebih cepat.

  1. Meningkatkan Sistem Imun
Makanan pendamping ASI yang masuk ke dalam tubuh salah satu manfaatnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun bayi. Anda tentu sudah mengetahui bahwa bayi memiliki sistem imun yang masih rentan. Nutrisi yang diberikan akan menjadi sumber energi yang menjaga tubuhnya dari infeksi berbagai penyakit. Bayi akan tercegah dari risiko penyakit yang dapat terjadi termasuk demam.

Anda bisa memilih resep MPASI yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan bayi. Perhatikan menu apa yang paling disukai si kecil, kemudian Anda bisa kembali memberikannya di hari esok. Walau begitu tetap variasikan menu untuk si kecil ya. Ini bertujuan agar bayi tidak bosan dengan menu yang Anda sajikan.

No comments:

Post a Comment