Sunday, January 27, 2019

Permainan Edukasi Anak untuk Media Pembelajaran Anak TK

Permainan Edukatif Anak

Taman kanak-kanak adalah jenjang pendidikan yang berfungsi untuk mengembangkan keahlian pada anak berusia sebelum sekolah dasar. Salah satunya ialah melalui permainan edukasi anak. Institusi ini penting untuk mempersiapkan anak usia dini untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Oleh karena itu, pengajar harus mempunyai skill dalam komunikasi baik verbal maupun non-verbal.  Pengajar yang baik mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan bagi siswa agar bisa menyerap pembelajaran.

Agar proses belajar mengajar bisa menyenangkan, diperlukan berbagai penunjang. Salah satunya adalah menyediakan area bermain dengan berbagai wahana seperti papan jungkat-jungkit, perosotan, ayunan, atau berbagai permainan edukatif yang bisa dilakukan untuk membantu anak belajar.

Permainan Edukatif untuk Anak
Berikut beberapa permainan edukatif yang bisa Anda lakukan untuk menunjang proses belajar mengajar.

1.      Menyesuaikan bilangan
Permainan ini bisa mengajarkan anak untuk menyesuaikan nomor yang ada. Anak bisa lebih cepat mengetahui jumlah, bentuk dan bilangan dan melatih kecepatan otak.

2.      Jepit baju angka bintang
Permainan edukasi anak ini membutuhkan dua alat. Pertama adalah jepitan baju yang telah diberi nomor pada ujungnya. Yang kedua adalah kertas karton yang telah dibentuk lingkaran dan dituliskan beberapa angka dalam bentuk bintang (bisa bentuk apapun). Siswa ditugaskan untuk mengisi setiap bilangan dalam jumlah bintang menggunakan jepitan baju yang sudah diisi angka.

3.      Permainan edukatif menggunakan domino
Mungkin sekilas permainan ini hampir sama dengan permainan yang sering digunakan untuk taruhan (gaplek). Walaupun begitu, permainan ini cukup penting untuk pengembangan otak anak dalam menyesuaikan nomer yang ada dengan kartu yang ada di tangannya. Selain itu, permainan ini cukup mengasyikkan jika dimainkan.

4.      Permainan menggunakan stik eskrim
Permainan ini hanya membutuhkan stik eskrim yang mudah didapatkan di pasar. Cara bermainnya adalah memberikan angka yang telah ditulis pada jepitan baju, lalu stik eskrim yang telah ditulis simbol tambah, kurang, bagi, dan kali, dan sama dengan untuk bisa menghubungkan angka yang ada diantara jepitan baju.

5.      Permainan edukatif karton dan spidol
Alat yang ada butuhkan untuk permainan ini adalah kertas karton berukuran besar lalu spidol dan penggaris untuk membuat garis yang akan memisahkan soal. Cara membuatmya cukup mudah, Anda bisa membuat sebuah garis kotak-kotak dan didalamnya ada soal bentuk bilangan yang belum memiliki jawaban.

Anak bisa menyesuaikan jawaban dari soal itu dengan membubuhkan titik yang sama sesuai dengan jumlah jawaban dari soal bilangan yang ada diatas kertas karton tersebut. Anak menggunakan spidol untuk menjawab soal yang ada.

6.      Permainan edukatif jepit baju
Anda bisa menggunakan jepit baju sebagai permainan edukatif anak. Caranya dengan diwarnai dan dituliskan sebuah perkalian, pengurangan, penambahan, dan pembagian pada jepitan baju, maka Anda bisa menghasilkan permainan yang edukatif untuk anak-anak usia dini.

7.      Permainan edukatif nomor berantai
Permainan ini memakai kertas yang sudah berisi angka-angka. Angka tersebut disatukan berurutan sesuai dengan urutan dari angkanya dengan memakai rantai yang dibuat dari plastik. Dengan memakai bentuk permainan satu ini, anak akan mengerti urutan bilangan mulai yang terkecil hingga terbesar. Rantai ini bisa dibeli di toko-toko permainan.

Itu dia beberapa permainan edukasi anak yang bisa diaplikasikan di taman kanak-kanak atau juga bisa dicoba di rumah. Anak tentu akan semakin bersemangat untuk belajar jika kegiatan tersebut dibentuk dalam sebuah permainan. Anda juga bisa berkreasi dengan barang-barang di rumah untuk menciptakan permainan edukasi lainnya, agar anak tidak bosan dengan permainan yang itu-itu saja.

No comments:

Post a Comment