IBX585154878C21F

Friday, January 25, 2019

Pilih Granola atau Oatmeal? Yuk Ketahui Manfaat dan Perbedaan Keduanya

Tubuh yang sehat merupakan aset untuk bisa mendapatkan hidup berkualitas. Ketika tubuh sehat, semua aktivitas dapat berjalan dengan optimal tanpa adanya kendala. Kondisi tubuh yang sehat tentu saja memiliki sistem imun yang kuat, sehingga Anda bisa terhindar dari penyakit. Salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, seperti granola atau Oeatmeal.  Anda dapat menjadikannya sebagai menu sarapan pagi yang menyehatkan. Granola merupakan sejenis cereal yang mirip dengan oatmeal. Supaya Anda tidak ragu, berikut akan kami ulas tentang manfaat dan perbedaan dari granola dan oatmeal seperti informasi dari https://www.lemonilo.com/blog/apa-sih-bedanya-oatmeal-dan-granola

Granola Oatmeal

1. Bahan Pembuatnya
Oatmeal merupakan cereal yang berasal dari biji gandum. Terdiri dari tiga bentuk yaitu rolled oat, steel cut-oat, dan oat instan. Ketiga jenis ini memiliki perbedaan pada tekstur dan lamanya waktu yang diperlukan untuk bisa menyajikannya. 

Granola merupakan cereal yang terbuat dari biji oat yang telah dipipihkan, dipanggang, atau pun dikukus. Ada juga yang terbuat dari kacang-kacangan atau pun buah kering. Anda dapat mengetahui dengan mudah perbedaan ini saat melihat teksturnya. 

2. Rasa
Oatmeal memiliki rasa yang hambar, sehingga saat dikonsumsi perlu ditambahkan madu atau susu agar memiliki rasa manis. Granola memiliki rasa manis yang renyah karena di dalam pembuatannya sudah ditambahkan pemanis. Granula hadir dengan berbagai varian rasa yang beragam. 

Anda bisa memilih rasa cokelat yang dikombinasikan vanilla, ada juga rasa buah-buahan, atau kacang mede dengan cokelat vanilla. Ada banyak sekali rasa yang tersedia, sehingga Anda tidak akan merasa bosan untuk mengonsumsinya. 

Tinggal mengatur rasa yang tersedia secara rutin setiap harinya. Setiap rasa memiliki kadar gizi yang berbeda-beda yang bisa dilihat di belakang kemasan. Jika melakukan pembelian secara online bisa melihat detailnya di bagian spesifikasi produk. 

3. Kandungan dan Manfaat
Oatmeal memiliki kandungan yang terdiri dari protein, karbohidrat rendah glikemik, dan fitonutrien atau disebut lignan. Kandungan yang ada akan membantu pencernaan untuk tidak merasa lapar hingga jam makan siang. Nutrisi tubuh akan protein akan terpenuhi dengan baik begitu juga dengan adanya karbohidrat. 

Tubuh akan menjadi lebih berenergi setelah mengonsumsinya. Granola memiliki kandungan vitamin E yang memiliki manfaat terbaik untuk perawatan kulit. Makanan sehat ini juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat larut di dalam lemak tubuh. 

Terdapat juga kandungan serat yang tinggi yang membantu melancarkan pencernaan.  Karbohidrat kompleks lebih tinggi dibandingkan oatmeal membuat makanan sehat ini membuat Anda semangat dalam beraktivitas. Omega 3 dan 6 yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.  

Selain itu juga memiliki kandungan pitesterol yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Dibandingkan dengan oatmeal, granula lebih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Kandungan nutrisinya pun lebih banyak.

4. Cara Konsumsi
Oatmeal merupakan jenis cereal yang tidak bisa langsung dikonsumsi tanpa melakukan pengolahan terlebih dahulu. Minimal dibiarkan masak di dalam gelas selama 5 sampai 10 menit. Jika dirasa cukup baru Anda bisa mengonsumsinya. 

Berbeda dengan granola yang bisa dikonsumsi secara langsung jika diinginkan karena sudah ada campuran rasa di dalamnya. Anda bisa juga mengonsumsinya dengan mencampurkan susu dan sejenisnya. 

Anda dapat memilih cereal ini untuk dijadikan makanan rutin setiap pagi agar kebutuhan nutrisi mencukupi. Tidak perlu bingung untuk mendapatkan granola sebab sudah ada toko online yang menyediakannya. Mengonsumsi granola tidak hanya akan membuat Anda bisa menikmati rasanya yang lezat, lebih dari itu kesehatan pun akan terjaga karena granola memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment