Wednesday, January 30, 2019

Sering Mandi Tapi Masih Bau Badan? Kenali Dulu Penyebabnya

Sering mandi tapi badan masih saja bau? Yah, bau badan memang hal yang jadi masalah nyaris untuk semua orang. Namun, pada sebagian orang masalah bau ini akan tetap berlanjut meski mereka sering mandi dan melakukan kebiasaan sehat lainnya. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, baiknya Anda mengenali dulu apa saja yang menyebabkan bau pada badan! 

Bau Badan


1. Kegemukan
Meski Anda sering mandi, bila badan Anda terlalu gemuk, juga bisa menyebabkan bau badan berlebih. Itu dikarenakan orang gemuk memiliki lebih banyak pori-pori yang tersembunyi di lekuk tubuhnya. Oleh karena area ini hangat, beruap dan gelap, maka mikroorganisme akan lebih mudah berkembang di sana. Inilah yang menyebabkan bau itu datang.

2. Diet Tak Berimbang
Melakukan diet memang sah-sah saja. Namun, bila diet itu tak berimbang, nyatanya juga bisa menyebabkan bau berlebihan pada badan. Itu dikarenakan diet yang tak berimbang menyebabkan sembelit dan kekurangan magnesium dan zink dalam tubuh. Kekurangan beberapa unsur kimia inilah yang bisa memicu bau pada badan muncul.

Bila Anda mengonsumsi sayur dan buah terlalu banyak, maka bau yang dihasilkan akan lebih menyengat. Terkadang, beberapa individu yang mengonsumsi makanan yang mengandung choline lebih banyak saat diet juga bisa menyebabkan bau amis pada tubuhnya. Makanan yang menyebabkan ini adalah telur, ikan, hati dan polong-polongan.

3. Stres Berat
Tubuh memiliki respon tersendiri dengan apa yang terjadi pada tubuh mereka, misalnya saja kondisi stres. Stres bisa memicu terjadinya keringat berlebih pada tubuh meskipun udara di luar tidak panas. Tubuh yang berkeringat diakibatkan stres ini juga bisa jadi penyebab bau badan. Terlebih, bila asupan tubuh Anda selama stres juga sembarangan.

4. Bahan Pakaian yang Digunakan
Siapa sangka, bahan pakaian yang digunakan sehari-harinya nyatanya juga bisa membuat Anda bau. Menggunakan pakaian dengan bahan poliester bisa membuat tubuh Anda tidak enak baunya terlebih bila digunakan untuk aktivitas berat seperti olahraga. Sebab, bakteri lebih mudah melekat pada bahan poliester ini sehingga bau juga lebih mudah muncul.

5. Mengonsumsi Obat-obatan
Meski itu obat-obatan herbal, ketika Anda mengonsumsinya nyatanya juga bisa menyebabkan bau pada tubuh Anda. Obat-obatan dengan kandungan antisikotik dan antidepresan adalah salah satu yang bisa menyebabkan bau pada badan itu. Terlebih untuk obat jenis aspirin dan aceminophen karena bisa memicu produksi keringat berlebih.

6. Deterjen
Penggunaan deterjen pada saat mencuci pakaian nyatanya juga bisa memicu bau pada tubuh. Sejumlah senyawa kimia yang terkandung di dalamnya bisa mengembangkan reaksi dalam tubuh yang menyebabkan pelepasan bau tak sedap. Selain itu, tidak membilas pakaian dengan bersih atau mengeringkannya dengan baik juga bisa jadi penyebab itu.

Molekul sabun yang menumpuk akibat proses pembilasan dan pengeringan yang baik akan menumpuk dan memicu residu yang bereaksi terhadap kelembapan dan mengeluarkan bau apek yang bisa membuat badan Anda bau.

7. Sering Menahan Buang Air
Meski Anda sering mandi, namun suka menahan buang air baik itu buang air besar atau buang air kecil nyatanya juga bisa membuat bau berlebih pada tubuh. Sebab, sering menahan buang air ini akan memicu penumpukan amonia dalam konsentrasi yang tinggi pada tubuh. Amonia itu akan dibuang lewat keringat dan memicu bau pada badan.

Jadi, meskipun Anda sering mandi, kalau Anda melakukan kesalahan atau aktivitas di atas ternyata juga tetap bisa menyebabkan bau badan. Namun tenang, sekarang Anda bisa meminimalisir bau tersebut dengan menggunakan Rexona. Ada banyak varian yang bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan!

No comments:

Post a Comment