IBX585154878C21F

Friday, March 15, 2019

Tertarik Bekerja Freelance? Ini Dia Keuntungannya

Freelance

Banyak orang yang memiliki pemikiran jika bekerja haruslah di kantor dengan sistem yang terikat. Padahal ada juga pekerjaan yang tidak melulu seperti itu, yaitu pekerjaan freelance. Pekerjaan satu ini sekarang mulai banyak dipilih masyarakat, karena tidak memiliki jam kerja yang tetap sehingga lebih fleksibel, dan inilah yang mulai dilirik para pekerja kantoran.

Ada beberapa orang yang belum memiliki pekerjaan tetap dan yang ingin mencari uang tambahan memilih pekerjaan freelance ini. Tidak heran jika semakin lama freelancer menjadi profesi yang banyak dipilih. Karyawan kantoran pun yang merasa belum cukup dengan gajinya, terkadang memilih untuk bekerja lepas agar mendapat uang tambahan. Dapat disimpulkan pekerjaan ini memiliki beberapa keuntungan atau kelebihan.

Nah, apa saja kelebihan dari pekerjaan freelance tersebut? Ini dia informasi mengenai profesi freelancer yang memiliki beberapa kelebihan :

1. Portofolio semakin lengkap
Memiliki pengalaman kerja sebagai seorang freelancer bisa membuat Anda memperkaya portofolio. Dengan begitu, CV akan semakin menarik dan mempunyai nilai lebih di mata perusahaan yang akan Anda pilih sebagai tempat melamar pekerjaan. Anda juga bisa lebih percaya diri karena memiliki pengalaman bekerja lebih banyak daripada yang lainnya. 

2. Waktu yang lebih bebas
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bekerja di perusahaan tertentu mempunyai jam kerja yang wajib dipatuhi. Berbeda dengan freelancer yang tidak punya jam kerja atau tidak terikat dengan waktu tertentu.

Untuk beberapa bidang pekerjaan freelance, memang tidak memiliki waktu tertentu dalam bekerja, jadi Anda bisa menentukan kapan waktu untuk bekerja, namun harus tetap memperhatikan deadline dari pekerjaan tersebut. 

3. Tekanan lebih sedikit
Tentu bekerja di sebuah kantor atau perusahaan memiliki tekanan tersendiri. Apalagi jika atasan memberikan banyak pekerjaan untuk Anda. Bekerja sebagai freelancer pun juga memiliki tekanan, namun tidak sebanyak tekanan yang ada di pekerjaan tetap. Karena ketika Anda memilih bekerja sebagai freelancer, Anda tidak akan memiliki atasan yang sering membuat tertekan dengan berbagai macam tugas yang selalu bertambah.

4. Bebas memakai busana 
Kebanyakan perusahaan atau kantor mempunyai seragam kerja baik di hari tertentu atau setiap hari, walaupun tidak semua perusahaan seperti itu. Sedangkan untuk freelancer, tidak ada aturan dalam memakai busana, misalkan harus memakai baju batik, sepatu pantofel, atau busana ala kantoran lainnya.

Karena seorang freelancer sendiri tidak bekerja di dalam kantor, mereka bisa bekerja dimana saja sesuai dengan bidangnya masing-masing. Inilah yang membuat mereka tidak memiliki aturan dalam berpakaian ketika bekerja. 

5. Bebas dari macet
Di kota-kota besar, kemacetan menjadi musuh utama para karyawan, baik ketika berangkat maupun pulang dari tempat kerja. Hal ini tentu tidak akan dirasakan oleh para freelancer, karena mereka bisa kerja dimana saja, seperti di rumah, kafe, perpustakaan, dan tempat-tempat yang lainnya. 

Demikian beberapa kelebihan pekerjaan freelance yang perlu untuk dipertimbangkan. Jika Anda hingga saat ini masih belum mendapat pekerjaan yang pas atau memiliki waktu luang lebih, bisa dimanfaatkan untuk menjadi seorang freelancer. Seperti yang sudah disebutkan, pekerjaan ini memiliki banyak keuntungan yang sangat sayang jika dilewatkan.

Anda bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Misalnya Anda suka menulis, bisa menjadi seorang copywriter online, atau Anda suka dengan fotografi, bisa langsung membuka jasa foto video, dan masih banyak jenis bidang pekerjaan lain yang bisa dipilih.

Jadi tunggu apa lagi? Segera pilih pekerjaan freelance yang sesuai dengan keinginan dan juga kemampuan Anda. 

No comments:

Post a Comment