Thursday, January 30, 2020

Cara Cepat Membuat SKCK di Polsek

SKCK Polsek

Meskipun Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ini hanyalah selembar kertas tetapi surat ini sangatlah penting, terutama untuk ornag orang yang sedang mencari pekerjaan ataupun sekolah. SKCK ini merupakan salah satu bukti seseorang tidak pernah melakukan atau berbuat tindakan kejahatan dan criminal. SKCK ini tidak bisa sembarangan kita dapatkan, karena SKCK hanya diterbitkan oleh polri (polisi republic Indonesia) melalu polsek (polisi sektor) ataupun melalui polres (polisi resort). Dari segi kegunaan SKCK yang dikeluarkan oleh polsek dan polri memiliki perbedaan. SKCK yang dikeluarkan oleh polres memiliki kegunaan untuk kaian yang inginmelakukan pelamaran pekerjaan pada perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga mengikuti Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Syarat pembuatan SKCK setiap tahunnya biasanya ada perubahan oleh karena itu sebelum kalian membuat SKCK sebaiknya kalian lihat dulu setiap persyaratannya. Membuat SKCK sekarang ini bisa dilakukan du acara yaitu secara online dan secara offline, untuk kalian yang ingin membuat secara online telah di sebutkan tadi bahwa kita bisa membuatnya di polsek ataupun di polres, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai cara membuat skck polsek.

Sebelum kalian membuat SKCK kalian harus memperhatikan beberapa hal, dan yang utama yaitu SKCK ini akan dikeluarkan sesuai dengan asal yang tertera pada KTP. Sehingga kalian tidak bisa membuat SKCK di daerah domisili jika yang tertera di KTP merupakan daerah lain. masa berlaku SKCK juga perlu kalian perhatikan, masa berlaku SKCK yaitu hanya 6 bulan sejak SKCK dikeluarkan oleh pihak polri, jika sudah lewat dari 6 bulan kita tidak perlu membuat SKCK ulang lagi, kita hanya perlu memperpanjang SKCK saja dengan datang kembali ke polsek atau polres setempat. Pengajuan SKCK ini prosesnya mirip sebagaimana kita mengurus dokumen lain, dimana kita diharuskan melengkapi beberapa dokumen yang menjadi persyaratan saat membuat surat keterangan catatan kepolisian (SKCK). Jika dokumen dokumen tersebut sudah lengkap maka pembuatan SKCK tidak akan sesulit yang banyak orang katakana, untuk mempercepat dan mempermudah proses pembuatan SKCK sebaiknya kalian melengkapi dokumen dokumennya terlebih dahulu.

Salah satu dokumen yang wajib banget kamu bawa saat membuat SKCK yaitu surat pengantar dari kelurahan. Untuk mendapatkan surat pengantar dari kelurahan kamu harus meminta surat pengantar dari RT dan RW terlebih dahulu, setelah mendapatkan surat pengantar dari RT dan RW barulah kamu bisa pergi kekelurahan untuk meminta surat pengantar untuk membuat SKCK, untuk mendapatkan surat pengantar dari kelurahan tidak dipungut biaya tetapi sedikit memakan waktu karena memang terkadang agar mengantri. Saat akan membuat surat pengantar dari kelurahan biasanya kamu dipersilahkan untuk mengisi beberapa pertanyaan yang sudah ada di formulir. Kemudian ada dokumen dokumen lainnya yang menjadi persyaratan saat kamu akan membuat SKCK, dokumen dokumennya yaitu:

Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (2 lembar)
Fotocopy Kartu Keluarga
Fotocopy ijazah terakhir
Fotocopy akta kelahiran
Pas foto 4x6 (background merah) (6 lembar).

Selanjutnya kamu hanya tinggal datang ke polsek kemudian saat kamu di loket pelayanan dan diberikan formulir, kamu harus mengisinya formulir tersebut yaitu merupakan daftar riwayat hidup. Kemudian kamu akan diminta pengambilan sidik jari. Setelah itu semua selesai kamu hanya perlu menunggu nama kamu dipanggil, dan SKCK kamu pun bisa langsung di ambil!

No comments:

Post a Comment