Sunday, August 23, 2020

Daftar Komponen yang Harus Anda dalam Pembuatan Solar System

Dalam hal penyediaan energi listrik, solar system cukup dipertimbangkan oleh sebagian besar orang. Pasalnya, teknologi suplai listrik ini lebih murah dan pastinya ramah lingkungan. Sudah banyak perusahaan skala besar yang mulai memasang teknologi solar system, terutama sebagai pengganti cadangan listrik utama. Jadi, sewaktu-waktu aliran listrik utama mati, dapat digantikan dengan listrik dari solar system. Untuk mekanisme kerja teknologi ini, sila pahami lebih lanjut pada laman https://sewatama.com/begini-solar-panel-menghasilkan-listrik/.

Solar System

Apabila Anda tertarik, bisa hubungi PT Sumberdaya Sewatama untuk proses pemasangannya. Perlu Anda tahu, dalam pembuatan solar system diperlukan beberapa komponen penting, diantaranya sebagai berikut.

Photovoltaic Modul
Komponen ini merupakan perangkat semikonduktor yang berfungsi untuk mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Ada dua jenis photovoltaic modul yang umum digunakan yaitu monokristalin dan polikristalin dengan efisiensi konversi sekitar 10-12%. Ada juga hybrid silicon PV modul dengan efisiensi konversi paling tinggi sekitar 16% dan sensitivitas lebih baik. Disarankan untuk memilih photovoltaic modul berkualitas supaya lebih tahan lama dengan konversi yang optimal.

Controller
Komponen ini berfungsi sebagai alat kontrol untuk mengatur tegangan dan arus yang dikeluarkan oleh perangkat semikonduktor. Alat ini juga mencegah battery overload.

Battery 
Sesuai namanya, maka solar system dapat bekerja pada siang hari saat ada pasokan sinar matahari. Sedangkan saat malam hari atau mendung, photovoltaic tidak dapat menghasilkan energi listrik. Nah, battery berfungsi untuk menyimpan aliran listrik supaya dapat digunakan saat dibutuhkan. Dalam pemilihan battery, Anda harus memperhatikan besar kebutuhan listrik dan kemampuan photovoltaic modul untuk mengisi battery.

Inverter 
Ketahuilah bahwa energi listrik yang dihasilkan oleh solar system mulanya arus searah atau DC. Sedangkan seluruh peralatan listrik yang digunakan menggunakan aliran listrik tidak searah (AC). Nah, supaya aliran DC menjadi AC, diperlukan inverter untuk mengubahnya. Tidak hanya mengubah arah arus, inverter juga membantu menyesuaikan tegangan listrik sesuai kebutuhan.

Keberadaan solar system menjadi sangat penting ketika industri Anda berada di area yang sulit dijangkau. Biar pemasangan berjalan lancar, jangan lupa konsultasikan dengan penyedia panel surya yang berpengalaman seperti PT Sumberdaya Sewatama. 

No comments:

Post a Comment